Penulis Idola dan Garuda Indonesia

Izinkan saya berbagi kisah untuk Garuda Balikpapan yang sedang menyelenggarakan lomba menulis blog Garuda Indonesia.

Ini kisah tentang seorang backpacker sederhana yang ‘mendadak’ ditakdirkan bersua dengan penulis ternama tanah air.

Uniknya, perjumpaan perdana kami tidak terjadi di sebuah forum bedah buku, apalagi dalam kelas penulisan!

Perjumpaan pertama kami justeru melayang di udara! Tepatnya dalam pesawat Garuda Indonesia, maskapai terbaik Indonesia!

Betapa beruntungnya saya.  Tiba-tiba saja diundang seorang teman lama. Teman saya ini sedang diamanahi jabatan sebagai wakil bupati Rantau Prapat di Sumatera Utara. Beliau mengirimkan message melalui facebook. Meminta saya secara khusus untuk mengontak sekaligus mendampingi perjalanan seorang penulis kawakan nusantara. Uang tiket pesawat, akomodasi selama di Rantau Prapat dan uang saku akan disiapkan semua.

Wow!
Subhanallah!
Mimpi apa saya semalam?

Bisa dibayangkan, wajah saya mendadak bercahaya bak bulan purnama.
Sumringah tak terkira. Sebab akan bersanding di udara sekian jam lamanya. Duduk bersisian di pesawat nan gagah perkasa dengan seorang Gola Gong, salah satu penulis idola saya!

Memesan Tiket Pesawat Murah

Mas ‘Wakil Bupati’ menyerahkan pembelian tiket pesawat Jakarta – Medan pada saya. Uang pembelian akan diganti setiba di Medan nanti. Gegas saya buka situs pembanding harga tiket pesawat, agar menemukan harga termurah sesuai budget maksimal yang telah ditetapkan.

Saat mesin pembanding harga tiket www.skyscanner.co.id telah menunjukkan harga perbandingan, saya terbelalak seketika!

TIDAK PERNAH SAYA SANGKA!

Harga tiket Garuda Indonesia dari Jakarta ke Medan masuk dalam peringkat termurah pertama. Hanya 600 ribuan saja! Saya cek jam keberangkatan sekali lagi. Sangat cocok untuk kami, terbang pukul enam pagi!

Saya putuskan meluncur ke website Garuda Indonesia untuk memesan tiket langsung dari sana. Alhamdulillah, tanpa ribet dan menghabiskan banyak waktu, tiket berhasil saya beli untuk tiga orang. Saya, Mas Gola Gong dan asisten beliau.

Saya masih terbengong-bengong. Dengan kualitas sekelas Garuda Indonesia, maskapai ini ternyata sanggup menjual tiket pesawat murah!

Garuda Special Offer dari Jakarta ke Balikpapan. 700-an ribu saja!

Garuda Special Offer dari Jakarta ke Balikpapan. 700-an ribu saja!

Kesan Pertama yang Memesona!

Saya dan Mas Gola Gong janjian bertemu di lounge Garuda Indonesia. Beliau ternyata pemegang kartu Garuda Frequent Flyer (GFF)! Kebetulan yang sangat menyenangkan. Kami bisa menunggu waktu boarding di lounge yang nyaman.

Senyum saya bak layar terkembang. Ruang tunggu Garuda Indonesia sangat memanjakan para penumpang. Menu buffet yang disediakan sungguh menggoyang lidah. Kursi yang empuk dan pencahayaan yang pas membuat ruang tunggu seperti rumah sendiri. Hommy! 🙂

main-950x400-lounge Garuda

Sayang tak bisa menikmati berlama-lama. Kami harus segera boarding. Senangnya hati, tanggal 26 Juni 2012 menjadi pengalaman pertama saya mengangkasa bersama Garuda Indonesia.

Mata saya melayang ke seluruh sudut burung besi. Tampak interior yang menawan hati. Minimalis sekaligus wangi. Terasa lapang dengan jarak antar kursi lebih lebar dibandingkan pesawat lokal lainnya.

Kenapa saya bisa berujar seperti ini? Alhamdulillah saya sudah terbang ratusan kali. Dalam dan luar negeri. Menaiki berbagai maskapai di negeri ini dan terbukti, Garuda Indonesia adalah maskapai terbaik Indonesia hingga detik ini!

Mas Gola Gong mempersilahkan saya menduduki kursi di sisi jendela. Beliau memilih duduk di lorong (aisle), tepat di samping saya. Tak perlu menunggu lama, seluruh penumpang telah duduk rapi di kursi masing-masing.

Tak lama berselang, seorang pramugari tinggi semampai dengan senyum manis aduhai mulai memperagakan cara memakai sabuk pengaman. Petunjuk keselamatan juga diputar di layar monitor yang disediakan di masing-masing kursi. Sungguh profesional! Setelahnya pesawat take off sesuai waktu yang ditentukan. Tepat pukul 06.00 WIB! Sangat mengesankan untuk saya. Pantas saja Garuda Indonesia dinobatkan sebagai maskapai terbaik Indonesia!

Kesempatan Belajar dalam Pesawat Garuda Indonesia

Setelah melayang di udara dengan sempurna, saya dan penulis idola mulai bercakap-cakap memecah suasana. Tahu-tahu seorang pramugari menghampiri. Meminta untuk membuka meja di hadapan kami. Ternyata ia bersiap membagikan menu sarapan pagi. Ahai! Baru tahu saya, terbang bersama Garuda Indonesia ada bonus sarapan wangi di udara!

Sambil sarapan, kami asik berbincang-bincang. Kapan lagi bisa menikmati momen seistimewa ini? Berada dalam pesawat tanpa turbulensi, teman perjalanan yang berwawasan luas dan sarapan wangi yang mengenyangkan.

Saya diliputi haru dan syukur. Setelah ‘menunggu’ belasan tahun lamanya, saya akhirnya tidak ‘sekadar’ berjumpa sekelebatan saja, namun sekaligus belajar dan menyerap langsung begitu banyak energi kebaikan dari seorang Gola Gong 🙂

Dengan terbang bersama Garuda Indonesia, saya memulai  ‘kesempatan belajar’ yang luar biasa ini!

Tiga Hari Mereguk Ilmu

Dalam perjalanan mendampingi Mas Gola Gong selama di Sumatera Utara, saya kerap tersedak. Saya gelagapan mereguk  sebanyak mungkin ilmu literasi yang dibagikan di hadapan masyarakat Rantau Prapat. Saya upayakan merekam seluruh kebaikan yang terucap dan dilakukan beliau dengan telinga, mata, hati, bahkan catatan kecil di telepon genggam.

Dua kata sifat mewakili karakter beliau, LUAR BIASA! Ya, Gola Gong luar biasa di mata saya!

Bersama Gola Gong, Allah memberi ruang pada saya untuk bahu-membahu menebar virus yang digagas Mas Gong, yaitu virus berbahaya bernama, GEMPA LITERASI di bumi Rantau Prapat.

Pertemuan dengan beliau juga meledakkan ide di batok kepala!

Puluhan ide menari-nari. Ide menulis untuk diri saya pribadi.  Ide untuk melanjutkan naskah-naskah antologi yang sempat terbengkalai karena saya dioperasi dan menjalani hari-hari pemulihan. Juga  ide social activism untuk Indonesia yang lebih baik!

Foto bersama Gola Gong dan adik-adik Rantau Prapat setelah selesai pelatihan menulis.

Foto bersama Gola Gong dan adik-adik Rantau Prapat setelah selesai pelatihan menulis.

Terima Kasih Garuda!

Juni adalah bulan kelahiran saya. Naik pesawat Garuda Indonesia untuk pertama kalinya pada tanggal 26 Juni 2012 lampau bersama penulis Idola adalah salah satu hadiah paling mengesankan dalam hidup saya!

Sampai hari ini, saya sudah berkali-kali mengangkasa bersama Garuda Indonesia Kesan saya tidak pernah berubah. Saya tetap puas dengan pelayanan paripurna yang disuguhkan Garuda Indonesia!

Saya bangga menjadi penumpang Garuda Indonesia.

Terima kasih Garuda Indonesia! 🙂

***

Sumber photo:

– https://www.garuda-indonesia.com/id/id/special-offers/selected-best-fare.page

– https://www.garuda-indonesia.com/id/en/garuda-indonesia-experience/on-ground/premium-service/lounge.page?

– Foto koleksi pribadi, diambil setelah selesai mengisi pelatihan menulis bersama Gola Gong

Advertisements

9 thoughts on “Penulis Idola dan Garuda Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s