KEB Membangunkan Si Mati Suri!

KEB Membangunkan Si Mati Suri!    Jika dikenang kembali, saya pernah sangat bersemangat ngeblog dan rajin berjejaring (termasuk blogwalking) selama bertahun-tahun. Konsisten mengisi blog rentang 2005-2010. Lima tahun bahagia ngeblog! Boleh dibilang saat itu adalah masa-masa keemasan saya menjadi fun fearless female blogger! 🙂

Masa-masa keemasan ini dimulai saat saya berkenalan dengan blogging sekaligus social media bernama Multiply.
Masih saya ingat, awal 2005 saya hanyalah pengunjung setia blog Multiply milik Mbak Helvy Tiana Rosa, Asma Nadia dan teman-teman dari berbagai belahan dunia.

Ya, saat itu saya sudah jatuh hati pada aktifitas berjejaring! 🙂

Pada saat itu saya belum PD menulis!
Tidak pernah terbayangkan akhirnya bisa menulis puluhan lembar . Hingga sudah 6 buah buku diterbitkan (sebagian dalam bentuk antologi).

Saat itu saya senang blogwalking berjam-jam dan hanyut dalam tulisan para sahabat Multiply 🙂

Empat tahun berlalu dan saya tetap aktif ngeblog di Multiply. Tahu-tahu saya telah menerbitkan salah satu tulisan dalam blog sederhana saya karena ditawari Mbak Helvy Tiana Rosa. Momen WOW dalam hidup saya! 🙂

Masih lekat dalam ingatan, tulisan pertama saya yang diterbitkan berjudul, “Secangkir Teh Inggris.”

Judul tulisan yang aneh tapi sekaligus menumbuhkan kepercayaan diri, bahwa tulisan bersahaja di Multiply yang beralamat di www.imazahra.multiply.com ternyata layak dibukukan bersama sosok sebesar Helvy Tiana Rosa, dkk. Bungah bukan main! Judul buku tersebut adalah, “One Gigabyte of Love.”

Setelah itu, saya memutuskan makin rajin mengisi rumah Multiply sepenuh hati. Berharap tulisan sesederhana apapun, bermakna untuk pembaca sekaligus healing process untuk saya.

Alhamdulillah, tahun 2009 saya menguatkan hati menyusun dan menulis naskah kompilasi bersama beberapa teman Multiply dan terbit dengan judul, “Long Distance Love.” Dua tahun berikutnya disusul dengan judul, “Kuliah Gratis ke Luar Negeri.”

Setelah 2010, karir menulis saya mandek seketika. Saya berubah menjadi sangat tidak produktif dalam bidang tulis-menulis dan blogging. Saya justeru jatuh hati pada bisnis kuliner, yaitu produksi pempek sehat tanpa MSG dan pengawet. Yup, tuntutan perut lebih besar dari pada hasrat menulis saya 🙂

Tahun 2011 akhir saya mendengar kabar kalau beberapa blogger membentuk Kumpulan Emak-Emak Blogger. Entah kenapa belum tergerak untuk bergabung. Mungkin karena saya merasa sangat minder 🙂

Tahun 2013 seorang sahabat mengajak bergabung. Dengan halus, bebal dan alami saya tetap memilih tidak bergabung dulu. Saya merasa bukan seorang blogger lagi semenjak Multiply dilenyapkan paksa oleh pemiliknya sejak awal 2013 😦

Beberapa ratus judul tulisan berhasil saya selamatkan dan bermigrasi ke www.imazahra.wordpress.com. Namun ratusan tulisan paling berharga lainnya –yang saya simpan for contact only– justeru tidak sempat dicopy otomatis oleh wordpress karena saya harus membuka ‘for contact only setting’ secara manual. Saat Multiply bertahap di bulan Maret 2013, saya sedang menjadi tour leader perjalanan 18 Muslimah Backpackers mengembara ke 7 kota di Mesir.

Semenjak Multiply lenyap, hasrat blogging saya terjerembab! Terberangus seketika!

Saya lesu darah. Tidak semangat ngeblog. Tidak berminat lagi menjadi seorang professional blogger.

Empat tahun yang berlalu tanpa rekam jejak di dunia maya, kecuali merajinkan diri menulis catatan perjalanan kala memulai backpacking jelajah Middle East dan Eropa bersama suami tercinta sepanjang Maret – Oktober 2013.

Di akhir Nopember 2014, saya mendapat ilham!
Rasa rindu pada dunia blogging menggedor-gedor ruang batin!

Saya sempat berbincang via facebook dengan Mbak Indah Julianti atau biasa dipanggil Mak Indjul di Komunitas KEB. Ini sedikit petikannya;

“Menurut Mbak, blog www.honeymoonbackpacker.com bisa kami monetize kah?”

Mbak Indah menjawab gamblang, “Bisa banget, Ima. Yang penting rajin update, minimal 1 minggu sekali. Rajin dishare di social media seperti facebook, twitter, google plus, linkedin, instagram.
Rajin blogwalking juga ke blog yang lainnya. Dan jangan lupa networking. Ima kan punya komunitas Muslimah Backpacker, diberdayakan networkingnya.”

Wow!
Jawaban yang sangat ringkas dan padat. Terima kasih Mbak Indjul!

Setelah diskusi kecil berakhir, bismillah! Saya memutuskan mengakhiri masa berkabung. Saya harus move on dan memulai semuanya dari awal. Tidak ada kata terlambat untuk segala aktifitas baik dan bermanfaat bukan?

Niat ini saya camkan kuat-kuat dalam benak.

Setelah niat, saya harus mulai beraksi?

Dari mana?
Saya ini orangnya moody sekali. Bagaimana bisa menjadi seorang professional blogger kalau saya empot-empotan?

Saya pikir, ini saatnya untuk bergabung dengan KEB.

Setiap ada kesempatan, saya wajibkan diri menjenguk dan berinteraksi dengan emak-emak blogger yang baru saja meletakkan link tulisan mereka di grup KEB dan blogwalking dari sana.

Perlahan tapi pasti, semangat ngeblog saya tumbuh kembali. Rasa iri positif terbit dari lubuk hati. Tentu saja diiringi aksi. Merajinkan diri menulis blog minimal dua minggu sekali!

Jika emak-emak blogger yang sudah memiliki anak, berjibaku dengan urusan rumah tangga dan pekerjaan kantoran masih sempat mengisi blog mereka setiap hari, masa saya yang diberikan keleluasaan waktu sebagai seorang freelancer tidak bisa melakukan hal yang sama mulai saat ini?

Saya putuskan tidak memasang target muluk-muluk. Jika Mbak Indjul menyarankan menulis blog minimal 1 X 1 minggu, maka saya ‘mewajibkan diri’ untuk menulis minimal 2 X 1 bulan.

Alhamdulillah, meski saya baru bergabung di akhir 2014, tapi KEB telah berhasil menyiramkan bensin dalam diri dan mengobarkan hati!

Dalam grup KEB-lah saya mengenal istilah page rank, alexa rank, job review dan lain-lain. Sungguh, kata-kata asing ini adalah wacana baru untuk saya yang sangat awam dan terbiasa ‘fun fearless blogging’ di Multiply dahulu, hehehe.

Emak-emak KEB juga telah memacu saya untuk ngeblog lebih rajin dan terarah.

Harapan saya untuk KEB setelah menginjak usia tiga tahun sederhana saja, semoga KEB bisa berbagi lebih banyak lagi ilmu-ilmu teknis terkait website development, monetizing dan job reviewing. Dalam fase belajar ‘merangkak’ ini, saya sepertinya sangat membutuhkan tiga ilmu saling terkait ini. Mudahan Makmin KEB berkenan mengakomodasi keinginan si anak bawang ini 🙂

Terima kasih untuk hadirmu, KEB!
Sungguh bermakna bagi blogger ‘mati suri’ seperti saya!

 

 

53 thoughts on “KEB Membangunkan Si Mati Suri!

  1. Masya Allah… Tulisan ini sangaaaat bertenaga mak… Luar biyasaaah… Aku follow setiap postingan mak Imazahra d fb,yg backpackingan dgn suami,sampe sakit dll segala… Dan aku selalu terhanyut dgn tiap post itu…. Banggaaaa bgt mak Ima skrg join KEB. Welcome to the club!

    • MasyaAllah juga untuk Mbak Nurul 😀

      Serius gak lebay nih?
      Saya sampe kaget mau kejengkang saking dipuji-puji, duh duh!

      Asli malu, tidak layak dipuji si moody-an kayak saya ini, hehe…

      Eh, Mbak bacain postingan saya backpacking sambil jualan pempek ya?
      Hihihi 🙂

      Makasih sudah berkenan menerima saya. Mohon diajari ilmu2 SEO dkknya ya, Mbak Nurul 😀

      • Iyaaa… Itu yang “ajaiiib” banget jualan pempek perjuangan di berbagai negara,duuh saluuut banget aku mbaa… Jujur aja yaaa,selama ngeblog,aku blasss ga paham dan ga praktekin seo dll. Yg jago tuh mba shintaries,nchie hani,dll. Aku cuma nulisss dan ikut kontes2 gitu mba,info update kontes bisa lihat di rumahlomba.blogspot.com

      • Hehe, jualan pempek karena kepepet dan ada peluangnya Mbak 🙂
        Jadi, why not? 😀

        Soal SEO, nanti deh tanya-tanya sama mereka, mudahan berkenan berbagi ilmunya 🙂
        Saya sudah japri2 di Facebook, tapi belum dibalas, sibuk kali ya 😀

        Iya, saya harus merajinkan menulis dulu nih 😀
        Support dan ingatkan kalau saya malas nulis ya, Mbak 😀

  2. Imaaaaa, aku sempat kaget waktu dirimu akhirnya join KEB. Aku pikir Ima pura2 ga ngerti dunia blogging dan ga ngerti dunia tulis menulis, padahal kan udah nerbitin buku, udah malang melintang kesana kemari. Udah beken lah kalau menurut aku ;). Tapi mungkin karena dunia kita di MP dulu beda dengan dunia blogging yang sekarang, jadi seperti masuk dunia baru lagi ya ma :). Sejak diputus paksa MP, aku langsung banting setir pindah blogspot dan gabung KEB, belajar banyak hal, dan menemukan energi dan alasan baru untuk rajin ngeblog lagi 🙂

    • Ya Allah Mbak Mayaaaaa. Kok bisa sampe kaget?

      Hihihi, bisa-bisanya menduga aku pura-pura seperti itu 🙂

      Walah Mbak, dunia ini luas sekali, beken dimananya diriku ini? Huhuhu.
      Nulis buku aja mandek sekarang ini, hiks 😦

      Sungguh, aku benar-benar gaptek kalau blogging di platform yang beda dengan Multiply. Rasanya Multiply jauuuh lebih mudah untuk diutak-atik ketimbang blogging platform lainnya, hehehe 😀

      Ah, andai aku bergabung dengan KEB sejak awal berdirinya ya Mbak, tentu kita sudah kerap say hello via KEB, dan aku bisa belajar lebih awal dan lebih cepat 🙂

      Mohon bimbinganmu di belantara blogsphere ini ya, Mbak sayang 😀

  3. luar bisa banget yaa peran komunitas KEB ini yang membagi banyak energi positive. aku pun jadi ikutan semangat untuk posting. sambutan anggota KEB ini emang hebat mba..
    btw dirimu keren bingiiitttss ;D

  4. Alhamdulillah, iya nggak perlu target muluk-muluk, Ima, yang penting rajin update 🙂
    Blogging with Heart + follow your passion = money will follow.
    Percaya deh sama kata-kataku itu 😀
    Sukses untukmu juga ya, love’s you :*

    • Aaaah, jadi terharu dimampiri Mbak Indah 🙂

      Dulu suka sahut-sahutan di MP ya Mbaaaak 🙂
      Salam dan sun buat anak-anak 🙂

      InsyaAllah, mau mulai merajinkan diri blogging rutin kayak di Multiply dulu, Mbak 😀

      Nuhun untuk semua ilmunya 🙂

      Kisses from me 🙂

    • Salam kenal juga Teh Nchie 🙂

      Tadi kita sudah ketemuan dan ngobrol sebentar ya di #KEB Sauyunan, mudahan kapan-kapan diizinkan main ke rumahmu dan belajar utak-atik blogku yang masih gak karu-karuan ini, Teh 🙂

  5. tulisanmu jadi tambahan bensin yang sekarang lagi naik-turun, seperti moodku dalam ngeblog aja deh. seorang dirimu aja bisa kena writer block akut.
    terima kasih sudah menginspirasi, mak Ima.

  6. Saya ngikutin lho bbrp cerita perjalanan Mb Ima bersama suami. Ada yg jualan empek2 pake ikan apa itu lupa namanya waktu di Eropa 🙂 Jadi saya melongo aja waktu baca inbox Mb Ima yg barusan hihihiiii… nggak kebalik atuh? You are a cool blogger, Mba.
    Emang bener, KEB bikin kita jadi makin semangat bikin postingan.

  7. Alhamdulillah sudah bisa memberi semangat pada diri sendiri. Semoga emak2 lain yg memahami teknis tsb bisa membantu ya jika KEB mengadakan kelas atau diskusi online.

    • Duh, saya selalu terharu kalau ada pengakuan begini Mbak 🙂

      Hehehe, tulisan kami menyiramkan bensin ke minat jalan-jalan ya? 🙂

      Jalan-jalan aktifitas menyenangkan bagi jiwa dan menyehatkan raga kalau banyak eksplore menggunakan kaki 😀

    • Salam kenal juga Mas Denni 🙂

      Nuhun ya sudah ngikutin tulisan jalan-jalan saya di FB. Silahkan dibaca-baca yang di sini juga, versi lebih panjang 🙂

      Hayuk jalan-jalan (bermanfaat) dan menyehatkan bagi jiwa raga 😀

  8. Ima, dirimu itu sudah keren sejak dahulu kala (aku salah satu pengagum yg sembunyi-sembunyi ngikuti beberapa catatanmu di Multiply, hehehe ….). Pokok’e, kerenlah dirimu. Syusyah aku menjabarkannya. 😉

    • Ealaaah, Mbak Wiwiek main ke rumahku, aduuh tersanjung! 🙂

      Hiks, keren di mananya Mbak? 😀

      Dirimu bukunya sudah bejibun, daku belum ada satupun buku solo, main antologi melulu, hiks.
      Ajarin aku nulis buku anak atau kasih tau aku kalau ada pelatihan menulis buku anak ya, Mbak 🙂

      Kepingin belajar nulis selain travel writing 😀

      Soal tulisanku di Multiply, ada 1000-an judul lebih dan aku hanya tranfer yang ‘public access’, yang ‘for contact only’ lenyap gak berbekas Mbak. Sediiih banget rasanya 😦

Leave a Reply

