Tips Memotret Anak-Anak

Tips Memotret Anak-Anak.     Seminggu lalu, Dyna mengabari saya melalui facebook, kalau dia dan keluarga kecilnya akan berkunjung ke Bandung mulai tanggal 15 hingga 18 Januari 2015. Asiiik! Ini akan menjadi kopdar kedua saya dengan teman dunia maya. Saya sendiri sudah kangen dengan adik ‘ketemu gedhe’ satu ini 🙂

Tanggal 16 Januari tiba. Maka sepanjang hari Jum’at dan Sabtu saya dan Aa Risyan Nurhakim berperan sebagai guide ‘jadi-jadian’ untuk keluarga kecil Dyna -yang datang jauh-jauh dari Banjarmasin. Dyna datang ke Bandung ‘nginthil’ suaminya yang sedang ada pekerjaan kantor. Tentu saja hari Jum’at suami Dyna tidak bisa bergabung dengan kami.

Sabtu 17 Januari mereka meminta ditemani keliling Asia Afrika Bandung, Kebun Bunga Begonia Lembang sampai Lembah Bougenville Cibodas, Jawa Barat.

Kebetulan destinasi yang dituju juga belum kami kunjungi. So why not? Yuuuk capcus! 😀

Seru tentu saja, bisa bertemu kembali dengan keluarga muda nan hangat ini 🙂 Dari pertemanan melalui facebook, menjadi kedekatan personal yang merona!

Bagian paling menyenangkan buat saya adalah bisa mencium dan memeluk Athira lagi, gadis kecil berusia kurang dari 3 tahun, tapi sudah sangat ekspresif menyampaikan perasaannya.

Rasanya bahagia bisa berakrab-akrab kembali dengan Athira (anak pertama Dyna) yang pernah saya jumpai berkali-kali kala mudik ke Banjarmasin sepanjang akhir Oktober sampai Nopember tahun lalu.

Tips Memotret Anak-anak

Saya senang difoto. Saya juga senang memfotokan (orang) meski saya bukan fotografer profesional. Saya senang menangkap momen!

Apalagi jika yang meminta difoto menggunakan kamera DSLR dan mirrorless. Nyaman diatur dan digunakan. Pakai auto saja sudah bagus -hahaha- padahal karena saya tidak familiar dengan manual Canon terbaru yang dibawa Dyna.

Memotret menggunakan kamera mirrorless itu asik karena saya tidak perlu ngintip-ngintip lagi, hehehe.

Athira anak yang sangat aktif bergerak. Begitu dia sadar dirinya akan dipotret, secepat kilat Athira otomatis menghindari lensa kamera. Banyak cara menghindar khas dia. Salah satu jurus andalan menghindar ala Athira selain berlari kesana-kemari adalah banyak bergerak.

Jika saya memanggil namanya untuk menatap kamera, otomatis Athira akan melihat ke arah lain. Contohnya foto ini:

Athira malah menunduk :D

Athira malah menunduk 😀

Tips memotret Athira (dan anak-anak aktif lainnya) ala amateur seperti saya?

Saya memilih memotret Athira diam-diam. Laiknya paparazzi, hahaha 😀 Bisa dapat satu saja foto bagus dan alami, rasanya senang sekali 🙂

Berikutnya, saya mengajak Athira mengobrol apa saja. Kala Athira mulai mood untuk bercerita dan duduk tenang, saya memberikan kode pada suami untuk meng-candid!

Terakhir, saya mengikuti feeling saja. Jangan lupa tekan setengah tombol shutter untuk mengunci ekspresi. Setelah muncul kotak hijau dalam layar, jepretlah seketika!

Dan inilah sebagian jepretan saya kala memotret Athira dalam beberapa ekspresi:

Candid Athira 1

 Candid Athira 2

Candid Athira 3

Lihatlah ekspresi Athira 🙂
Dari mulai ‘menghindar’ dengan asik menciumi ibunya, lalu matanya melihat ke arah lain, hingga akhirnya tertawa renyah menatap kamera, yihhaaa! 🙂

Puas rasanya bisa meng-candid ekspresi tertawa Athira yang imut-imut 🙂

***

Ayo, share pengalaman memotretmu di sini 🙂

24 thoughts on “Tips Memotret Anak-Anak

  1. Motret anak-anak mah memang bagusnya “curi-curi” biar ekspresinya dapat..euuhh kaya yang sudah jago saja teteh nih hehee

    Tp memang harus sabar dan jepret terus gitu teh Ima… 🙂

    • Nah, ini jagoan motret sudah datang, minder deh saya, hihihi 🙂

      Teteh apa kabar?

      Miss you so much 🙂

      Teh, call me Neng Ima saja ya? Aku suka panggilan Neng, berasa jadi istri laki-laki Sunda, hihihi 😀

      • Ah masa sih, Teh gak bisa motret anak-anak, pan terbukti jagoan ‘buat’ anak, saya nih belum terbukti Teh, hihihi 😀

        Masa Teteh tambah gemuk?
        Perasaan segitu-segitu aja 🙂

        Di Aachen aku sempat turun sampe 5 kilo, seneng banget 🙂

        Eh, mudik ke Banjarmasin dan kulineran melulu, naik deh 7 kilo, ahahaha, endut juga aku Teh 😀

      • Justru sudah tidur sejak jam 7 malam. Terkapar setelah dua hari berturut2 nemenin teman dari Banjarmasin kukurilingan di Bandung, Teh 🙂

        Tadi pagi ikutan acara KEB, lalu siang meluncur ke bandara mengantar teman yang mau kembali ke Banjarmasin 🙂

        Capek tapi bahagia bisa silaturahmi di dunia nyata, Alhamdulillah 🙂

        Hihihi, pas jaman di MP aku suka intip2 MP Teteh, dikasih link sama Uni Intan 😀

      • Rame, yang datang 50-an orang 🙂

        Kalau suasana, lebih akrab acara kopdar MP, Teh 🙂

        Kan aku ngempie sejak 2005 sampai masa-masa jelang bubar, huhuhu. Jadi rajin jadi EO kopdar di Yogya. Rajin juga ikutan kopdar di Jakarta 🙂

      • Atau belum terlalu kenal juga kali ya..atau…?? hehe

        Sesama MP berasa saudara sendiri ya… mungkin kalau sudah kenal dekat akan berasa seperti saudara juga ya …

      • Weleeeh, jangan minder atuh Teh 🙂
        Setiap blog punya sisi khas dan unik loh!

        Blog-ku yang hasil pindahan MP -hanya bisa memindah yang di-set for public- juga ajrut-ajrutan kok, Teh.

        Ada di sini: http://www.imazahra.wordpress.com.

        Site traffic sudah lumayan, tapi males banget liat wujudnya yang sudah berantakan, hihihi 😀

        Masih bingung, antara mau memindah biar jadi satu akun dengan honeymoonbackpacker atau biarkan saja tetap di situ, hehehe 😀

      • Eeehh keburu kekirim..blm selesai ini nulisnya 😃

        Mangga neng Ima.. 😊
        Mudah2an pas teteh ka Bandung bisa ketemuan lagi yaaa…

        Neng Ima sama Aa na sehat2 nyaaaa… Salam kangge Aa Risyan.

      • Pengennya tahun depan…إِنْ شَاءَ اللّهُ .. Doanya saja ya..semoga Allah melimpahkan kesehatan, usia dan rejeki… Aamiin..

  2. Memotret anak memang penuh tantangan, sifat alami anak-anak yang tak bisa diam menuntut kita untuk pandai menangkap moment. Dan saya lebih suka motret candid, kalau pas dapat ekspresi yang lucu atau unik senang banget rasanya.

Leave a Reply

