Hunting Penginapan Murah On The Spot

Hunting Penginapan Murah On The Spot.     Beberapa waktu lalu, saya menuliskan (salah satu) tips backpacking hemat ala pasangan Honeymoon Backpacker, yaitu mengendarai motor untuk menjelajah Indonesia yang luas dan cantik.

Sekarang saya ingin  berbagi tips mencari penginapan murah on the spot. Susahkah? Menurut saya tidak, sepanjang liburan dilakukan justeru saat orang-orang sedang tidak berlibur.

Waktu favorit kami menjelajah Indonesia selalu sehari  dua hari setelah weekend. Banyak nilai  plusnya. Kemacetan jauh berkurang. Harga penginapan jauh lebih murah –bisa turun hingga 50%. Obyek wisata jauh lebih lebih sepi, sehingga bisa eksplorasi dalam suasana tenang dan bisa memotret sepuasnya. Dan yang tak kalah penting, harga makanan (wisata kuliner) kerap diturunkan 20-50%. Asik bukan? 🙂

Tips hunting penginapan murah on the spot ala Honeymoon Backpacker hanya dua saja:

1. Tentukan budget

Kami biasanya membatasi budget penginapan di harga maksimal 150 ribu / malam. Dengan menentukan angka maksimal, kami otomatis sudah menyortir jenis dan tipe penginapan.

Dengan harga maksimal 150 ribu, tentu tingkat ekspektasi kenyamanan dan kebersihan harus diturunkan. Tapi saya tidak kompromi urusan seprei! Akan saya cek dengan teliti.

Jika saya menemukan sedikit bercak kotor dan sehelai rambut yang tertinggal, saya bisa memastikan seprei belum mereka ganti dengan seprei bersih yang sudah dicuci. Saya otomatis meminta –kadang memaksa- mereka untuk mengganti seprei sebelum deal mengambil kamar.

Jika mereka ngotot tidak mau mengganti seprei, saya memilih tidak jadi mengambil kamar mereka.

Sikap tegas berbuah kenyamanan tidur ini sangat utama untuk saya. Habis menjelajah seharian, tentu kepingin berbaring di atas kasur beralas seprei bersih bukan. Jangan sampai kita kena penyakit kulit gara-gara urusan seprei yang belum diganti ini. Tidak lucu sama sekali!

2. Tentukan lokasi

Lokasi penginapan menentukan harga. Kami biasanya lebih senang memilih penginapan yang dekat dengan lokasi wisata. Supaya puas dan santai kala mengeksplorasi.

Apalagi jika tujuan menginap adalah untuk berenang atau berendam di air belerang hangat seperti di Cipanas, Garut. Menginap adalah pilihan utama untuk kami.

Biasanya kami akan menuju Cipanas pada hari Selasa pagi, maksimal siang hari. Check in ke salah satu penginapan favorit. Selasa sore sudah nyemplung di salah satu kolam renang favorit yang ada di Cipanas. Keluar dari kolam pemandian, pegal-pegal di tubuh sudah lenyap tak bersisa. Rabu pagi kembali berenang di air hangat Cipanas. Rabu siang sudah check out dari penginapan, menikmati kuliner Garut di Ceplak dan bermotor kembali ke Bandung.

3. Jangan malu bertanya!

Ya, saya rajin bertanya kala hunting penginapan. Pertama kali ke Cipanas, Garut, saya tak segan bertanya dan keluar masuk belasan penginapan, sebelum memutuskan untuk mengambil penginapan yang mana. Untuk kedua kalinya, saya cukup mengecek 2-3 buah penginapan favorit, sekedar memastikan kondisi penginapan terkini 🙂

Bertanyalah dengan sopan, termasuk dalam menanyakan harga penginapan, insyaAllah akan ditanggapi dengan baik. Jangan lupa meminta resepsionis untuk membukakan salah satu kamar yang kosong, sehingga kita bisa mengecek kondisi kamar. Apakah bersih atau justeru kotor. Apakah sirkulasi udara cukup bagus atau justeru pengap.

Kami biasanya memilih kamar yang memiliki kolam rendam. Jika di luar weekend dan musim liburan, kamar dengan kolam rendam seharga 150 ribu masih bisa ditemukan kok 🙂

Hanya tiga tips dalam mencari penginapan murah on the spot, tapi sangat memengaruhi kenyamanan kala menjelajahi cantiknya Indonesia.

Selamat hunting penginapan murah meriah ya 🙂

Menikmati hangatnya kolam air belerang di Cipanas, Garut bersama Abah Mama (dari Banjarmasin) dan Bapak Mamah mertua dari Bandung :)

Menikmati hangatnya kolam air belerang di Cipanas, Garut bersama Abah Mama (dari Banjarmasin) dan Bapak Mamah mertua dari Bandung 🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

26 thoughts on “Hunting Penginapan Murah On The Spot

    • Wa’alaikum salam 🙂

      Senang dimampiri Lina yang jagoan nulis blog tema traveling.

      Jari jemari saya sudah kaku nih, lama gak nulis blog, hehehe…

      Wah, kurang suka berenang di Cipanas kah?

      Waktu itu renang di mana?

      Si Aa suka banget renang di Cipanas, maklum baru bisa renang di usia tua, jadi aja keranjingan, hahaha 😀

  1. setuju banget mba imaaaa… 😀 ada rekomendasi hotel jogja yang murmer buat hanimun gaaa? tapi yang deket malioboro. kalo ga ada gapapa sih, besok gambling di sosrokusuman moga2 ada hihi

  2. Pingback: Liburan Musim Dingin Romantis di Jepang ala Honeymoon Backpacker | honeymoonbackpacker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s