Tips Agar Smartphone Tidak Gampang Lowbatt

Jaman mobile masa kini, salah satu hal yang paling mengganggu buat kamu yang super aktif, banyak bekerja menggunakan smartphone atau bahkan sering traveling / backpacking ke negeri antah berantah di ujung dunia, adalah saat menjumpai baterai hapemu dalam kondisi lowbatt. Hadeeuh! Pasti gemes banget rasanya ya!

Kalo pas ada powerbank sih aman, tapi kalau sedang tidak membawanya atau saat  gak bisa nge-charge juga, gimana dong? Padahal, smartphone musti nyala karena lagi butuh buka Google map, atau sedang janjian sama host kamu di tengah jalan sementara saat itu suhu sedang minus, kamu sudah menggigil beku kedinginan  sementara baterai tinggal 5%. MasyaAllah! Pasti nyesek banget rasanya!

Saya berkali-kali mengalami situasi sejenis ini. Pingin gigit orang lewat deh!

Nah, supaya baterai smartphone awet, ini ada beberapa tips dari detekno.com, worth to try!

  1. Matikan Wi-Fi

Ternyata mematikan konektivitas Wi-Fi kalo lagi di luar ruangan itu pengaruh lho buat baterai. Soalnya, kalo gak dimatikan, smartphone akan terus mencari sinyal Wi-Fi terdekat, ini yang akan terus mengurangi daya baterai cukup besar secara otomatis. Jadi, kalo lagi di luar, mending memasang jaringan 3G atau 4G LTE, dan kalau sudah bisa memakai jaringan Wi-Fi, baru dipasang lagi.

  1. Matikan Live Wallpaper!

Iya sih, live wallpaper bikin tampilan smartphone jadi keren, tapiiiii… ini nih yang cepat sekali menyedot baterai sehingga daya tahan baterai akan berkurang. Jadi, sementara dalam perjalanan, dimatikan dulu deh wallpaper-nya ya!

  1. Non-aktifkan notifikasi

Tahu nggak, setiap notifikasi tidak penting seperti dari aplikasi atau game, rata-rata terhubung dengan internet, sehingga akan menyedot daya baterai secara signifikan. Coba ke menu setting, pilih Apps, terus pilih aplikasi atau game yang ingin dinon-aktifkan notifikasinya, dan hilangkan tanda centang “show notification” di bagian bawah.

  1. Turunkan kecerahan layar

Semakin terang layar, semakin besar energi yang disedot! Apalagi kalau layar smartphone-nya memiliki resolusi full HD. Jadi, biar baterai gak boros, ubah kecerahan layar jadi manual, terus atur waktu tampil layar (Sleep) dalam hitungan detik.

Terakhir, tips paling praktis versi pasangan honeymoonbackpacker.com adalah: ganti smartphone saja! Iyaaa, kalo smartphone mulai sering lowbatt, artinya baterainya memang mulai melemah.  Kalau kamu memang lagi cari smartphone baru yang daya tahan baterainya kuat, coba cek Huawei G8 deh.

Happy research ya! 🙂

Huawei-G8-Image-1

 

Advertisements

6 thoughts on “Tips Agar Smartphone Tidak Gampang Lowbatt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s